Tentang Kami

Pengembangan keilmuan Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU merujuk pada perkembangan kajian keilmuan di bidang manajemen pendidikan, sebagaimana hasil pengembanganInspiration Education Management Coaching (Inspiration EMC) untuk menyonsong globalisasi millenial 2030 dan Revolusi Industri (4.0). Pengembangan keilmuan manajemen berdasarkan Inspiration Education Management Coaching (Inspiration EMC) merupakan bagian dari Inspiration Leadership Development Centre (Inspiration LDC) yang didirikan untuk penyebarluasan pengetahuan manajemen modern dan penerapannya dalam bidang pendidikan secara utuh. Perkembangan dan penerapan ilmu manajemen dalam menyonsong 4.0 dalam bidang pendidikan dapat dibagi menjadi 4 macam manajemen fungsional yaitu : (1) Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan, (2) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, (3) Manajemen Proses Belajar Mengajar, dan (4) Manajemen Sumber Daya Manusia dan Personalia Lembaga Pendidikan. Keempat manajemen fungsional tersebut saling terintegrasi, saling terkait baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.Ilmu yang mempelajari keterkaitan dari keempat manajemen fungsional di atas yang dikembangkan dalam kurikulum yakni Manajemen Strategik Pendidikan (Educational Strategic Management).Seiring dengan perubahan lingkungan, maka suatu lembaga pendidikan harus juga berubah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Perubahan ini harus dikelola agar dapat berjalan dengan baik. Ilmu yang memperlajari pengelolaan perubahan ini disebut Manajemen Perubahan Strategik Pendidikan (Educational Strategic Change Management). Dengan demikian untuk mengusai Manajemen Strategik Pendidikan dan Manajemen Perubahan Strategik Pendidikan, sumber keilmuan adalah keempat manajemen fungsional di atas.

Selain mengembangkan keilmuan, Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU akan menenpatkan diri sebagai agen perubahan di segala sektor pendidikan, baik di pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi melalui pengajaran riset dan pengabdian masyarakat. Capaian pembelajaran yang diharapkan bagi lulusan Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU yakni kemampuan dan keterampilan dalam meningkatkan sistem penunjang kelembagaan dan pengelolaan pendidikan yang berbasis teori, riset dan praktik dapat diwujudkan.

No Profil Lulusan Deskripsi Profil
1 Perancang Pendidikan Mampu merencanakan, melaksanakan, memonitoring dan mengevaluasi program pendidikan
2 Manajer Pendidikan Mampu mengelola dan memimpin lembaga pendidikan ditingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi
3 Akademisi Mampu menganalisa setiap  isu-isu, masalah pendidikan, serta  mampu memecahkan dan mengambil kebijakan dalam  bidang pendidikan dan pengajaran
3 Peneliti Mampu melaksanakan penelitian dibidang manajemen pendidikan tinggi serta mempublikasikan penelitiannya ditingkat nasional maupun internasional

 

VISI :

Menjadikan program studi magister manajemen pendidikan tinggi yang unggul  dalam pelaksanaan dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi di bidang manajemen pendidikan tinggi yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2028.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu guna menghasilkan lulusan yang berkarakter, memiliki pengetahuan manajerial dan kepemimpinan di bidang pendidikan.

  2. Menyelenggarakan penelitian guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen pendidikan tinggi.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berguna bagi kehidupan masyarakat dalam menyelengarakan pendidikan.